ANTISIPASI KERIBUTAN DAN KEGADUHAN DIANTARA AHLI WARIS

Pertengkaran keluarga (ahli waris) saat pembagian warisan adalah hal yang buruk dan tidak diinginkan oleh semua orang.

Pertengkaran/keributan yang sering terjadi saat pembagian warisan bukanlah tanpa sebab dan sebab itu bukanlah pembagian warisan yang mesti dilakukan…bukan juga hukum waris islam yang sering dijadikan kambing hitamnya.

Jika kita tidak ingin ahli waris kita “ribut-ribut” saat membagi warisan kita maka perhatikanlah hal-hal berikut ini:

1. Sudahkah kita mendidik keluarga kita dengan nilai-nilai islam? Bukan sekedar tahu materi ajaran islam…
2. Sudahkah kita terbuka kepada mereka tentang aset-aset material yang kita miliki? Atau kita selalu tertutup tentang asset tersebut?
3. Adakah kita peduli dengan surat-surat yang menjadi keharusan administrasi kehidupan?

Kebanyakan masyarakat sangat takut jika masa depan materi anak-anaknya suram. Mereka takut jika anak-anak tidak mampu bersaing dalam menumpuk kekayaann harta benda.

Kebanyakan masyarakat kita juga tidak peduli dengan bekal nilai aqidah dan akhlaq islam untuk anak-anak mereka. Mungkin saja mereka dijejali dengan pengetahuan material keislaman.
Hafalan al-qur’an bagus, sering juara baca kitab kuning dan lainnya namun aqidah dan akhlaknya sangat kontradiktif dengan al-qur’an yang mereka hafal.

Saudaraku …mari kita bekali anak-anak kita dengan aqidah islam yang dapat diterjemahkan dalam akhlak mulia keseharian mereka. Mereka yakin tentang akhirat yang akan menjadikan mereka selalu berhati-hati dalam berucap dan bertindak.

Jika anak-anak kita telah memiliki aqidah dan akhlak yang berjalan seiring dalam kehidupan mereka, saya yakin jika waktu pembagian warisan kita itu tiba maka mereka tidak akan ribut dengan saudaranya sesama ahli waris.

Begitu juga jika seseorang bersikap terbuka tentang aset-aset harta benda yang dimilikinya dan dilengkapi dengan surat-surat admnistrasinya maka hal itu akan sangat membantu untuk melakukan inventarisasi aset waris yang kita tinggalkan.

Dengan kejelasan aset dan administrasi penunjangnya maka celah untuk ribut dalam pembagian warisan nantinya akan semakin kecil sehingga syetan tidak berpeluang untuk menggoda mereka untuk berpecah belah.

Saudaraku..mari lakukan antisipasi keributan dan kegaduhan ahli waris kita saat kita wafat nanti dengan memperhatikan hal-hal di atas. Semoga bermanfaat. Wallahu’alam.

 

Oleh: ahmad Bisyri Syakur

*

*

Top