apakah pentingnya mempelajari ilmu waris islam?

Pertanyaan :

Melanjutkan pertanyaan pertama, Apakah penting kita sebagai seorang muslim mempelajari ilmu waris islam?

Jawaban :

ilmu faroid sangatlah penting bagi setiap orang baik muslim ataupun non muslim. Kepentingannya adalah :

  1. Penghalalan kepemilikan. Karena dengan pembagian harta warisan yang menggunakan ilmu faroid dapat dipastikan bagi seseorang akan kehalalan harta yang di dapatnya. Pembagian warisan tanpa ilmu faroid adalah pendapatan tidak halal.
  2. Lebih adil. Dengan ilmu faroid pembagian harta warisan akan menjadi lebih obyektif dan adil karena pembagiannya langsung dilakukan oleh Allah swt yang maha kaya yang dijelaskan dalam al-qur’an yang diturunkannya.
  3. Menghindari fitnah dan perebutan harta warisan bahwa dengan ilmu faroid maka pembagian harta warisan tidak akan menimbulkan fitnah dan pertengkaran keluarga. Pertengkaran antar keluarga dalam masalah pembagian warisan hanyalah karena pembagian yang subyektif dan cenderung mengikuti selera hawa nafsu masing-masing anggota keluarga saja.

Dengan pembagian warisan yang menggunakan ilmu faroid maka setiap ahli waris akan mendapatkan hak mereka sesuai dengan ketentuan Allah swt.

Namun perlu kita catat bahwa penggunaan ilmu faroid dalam pembagian warisan harus dilakukan oleh SDM yang memahami secara mendalam akan ilmu tersebut.

*

*

Top