KEIMANAN, AKHLAQ DAN PEMBAGIAN WARISAN

Ketika seseorang bertanya tentang masalah warisan tidak sedikit dari mereka yang mencampur adukkan banyak masalah di dalamnya. Pembahasan dalam hukum waris islam tidak pernah membahas tentang keserakahan salah satu ahli waris, tidak pernah juga membahas penggelapan harta oleh salah seorang ahli waris, tidak juga pernah membahas tentang teknik penjualan asset waris secara cepat, bahkan tidak pernah membahas tentang keimanan ahli waris.

Hukum waris islam atau ilmu faroidh adalah ilmu yang memberikan pembahasan tentang ahli waris, asset waris dan bagian masing-masing sesuai petunjuk al-qur’an dan sunnah.

Jika kita menemukan saudara kita yang tidak mau menggunakan hukum waris islam dalam pembagian warisan orang tua maka yang kita lakukan adalah memberikan wawasan kepadanya untuk mengenal keunggulan menggunakan hukum waris islam khususnya dan hukum islam pada umumnya.

Jika kita menemukan ibu kita yang merupakan istri dari ayah kita yang sudah wafat tidak mau membagi warisan suaminya dan ingin menguasainya sendiri atau mengaturnya sendiri maka yang kita lakukan adalah pendekatan keimanan dan memberikan jaminan keamanan beliau untuk tetap menikmati hidup terhormat di hari tuanya pasca pembagian warisan.

Jika kita menemukan saudara kita melakukan penjualan asset secara sepihak dan mengambil nilai penjualan asset itu untuk dirinya sendiri maka yang harus kita lakukan adalah pendekatan personil dan mengingatkannya untuk kembali ke jalan yang benar.

Permasalahan yang saya contohkan di atas sering kali menghiasi sulitnya pembagian warisan. Sehingga perlu saya jelaskan di sini bahwa pembagian warisan bukanlah penyebab pecahnya ikatan keluarga. Pembagian warisan dengan hokum waris islam adalah pemersatu dan penguat ikatan keluarga yang ada. Pembagian warisan dengan hukum waris islam adalah rahmat Allah swt yang memberkahi keluarga kita.

Ketika kita mampu memetakan masalah saat pembagian warisan maka kita akan tahu bahwa yang sering menghalangi pembagian warisan dan merusak silaturrahim adalah keimanan yang lemah dan akhlak yang buruk dari ahli waris itu sendiri. Terkadang dari ibu atau kita sendiri, terkadang dari kakak tertua kita dan terkadang dari adik kita bahkan bisa jadi diri kitalah yang menghalangi pembagian warisan dengan hukum waris islam itu sendiri.

Ahli waris yang memiliki keimanan yang kuat dan akhlaq mulia tidak akan pernah punya kendala dalam pembagian warisan keluarga mereka. Ahli waris dan keluarga yang komitment dengan hokum waris islam tidak akan pernah mendapatkan hambatan.

Mari pelihara keutuhan keluarga kita dengan memelihara keimanan dan akhlak mulia anak anak dan keturunan kita untuk masa depan yang jauh. Wallahu’alam.

Oleh : KH. Ahmad Bisyri Syakur, Lc, MA

 Download versi PDF

=======================================================================

Pelatihan Motivasi Waris Islam Angkatan 5

Punya masalah waris ?
Harta waris belum dibagi ?
Hubungan keluarga renggang karna warisan ?

Yuk kita ajak kerabat, sahabat, sanak dan Famili kita untuk mengikuti Pelatihan Motivasi Waris Islam_

Waktu Dan Tempat Pelatihan :

🗓 Selasa 5 Februari 2019
⏰ 09.00 – 16.00 WIB
🏣 Hotel Sofyan Tebet Jakarta Selatan

🏷Biaya Pelatihan :
Rp. 550.000/orang
(Gratis buku “The Pocket Fiqh untuk 5 orang pendaftar pertama)
🎗Special Price untuk pasangan suami istri

📒Fasilitas :
– Training Kit
– Sertifikat
– Coffe Break
– Makan Siang

⏳Durasi Pelatihan :
6 jam (dibagi menjadi 3 sesi). Terdiri dari Penyampaian Materi, Tanya Jawab dan Pembahasannya serta Latihan Menghitung Waris.

👳🏻‍♀Pemateri:
Ustadz Ahmad Bisyri Syakur, MA (Instruktur dan Direktur Zaid bin Tsabit Waris Center)

📖 Materi Pelatihan :
1. Keimanan dan Pengunaan Hukum Waris Islam
2. Pola Pewarisan dalam Islam
3. Ilmu Faroidh Dasar
4. Rumus membagi dan Menghitung Waris

📝Cara Pendaftaran :

1. Melakukan Pembayaran melalui Rekening BSM 7107514486
Cab.Jakarta Kalibata a.n. Hendrayana (Kode Bank 451)

2. Konfirmasi pembayaran Ketik Daftar MWI_Nama lengkap_Domisili kirim beserta bukti transfer ke 085779311356 (WA)

Peserta terbatas hanya 20 Orang

☎ Informasi Pendaftaran 0896-5331-2998 / 085779311366 (WA)
📋 JADWAL PELATIHAN MWI 2019 :

1⃣ Rabu 3 April
2⃣ Sabtu, 01 Juni
3⃣ Sabtu, 13 Juli
4⃣ Sabtu 19 Oktober
5⃣ Senin 25 Desember

📡 Registrasi Online Pelatihan MWI 2019 :

https://bit.ly/2RNMVNo

FB : jasakonsultanwaris
🌐 : http://www.wariscenter.com | http://warisislam.com

#2019PahamWarisIslam

*

*

Top